Pulau Pemagaran Kepulauan Seribu

Pulau tanpa penduduk ini menyimpan misteri yang membuat wisatawan penasaran. Seperti Hutan Lindung atau Taman Hutan Nasional, Pulau ini selalu dijaga oleh Petugas.

Sekilas melewati Pulau Pemagaran atau dengan nama lain Pulau Magaran terasa sepi, tiada kehidupan atau aktivitas penduduk, bahkan tidak ada satupun perahu nelayan ataupun perahu wisata yang melintas maupun sandar di dermaga. Satu-satunya perahu yang sandar adalah milik Petugas Jaga.

Dan letak dermaga Pulau Pemagaran ini jauh masuk ke dalam menyusuri seperti sungai atau muara. tidak seperti seperti dermaga di Pulau-Pulau lain yang biasa didatangi wisatawan yang letaknya berada di pinggir pantai.

Namun banyaknya pepohonan yang rindang disekitar dermaga membuat pemandangan menjadi nyaman, apalagi ditambah air yang jernih dengan warna hijau kebiruan bisa mengusir rasa suasana yang sunyi nan sepi.

Dulunya Pulau Magaran ini menjadi tempat Budidaya Kerang Mutiara, namun saat ini tiada yang tau. Sayang seribu sayang, entah kenapa potensi yang baik ini sudah tidak ada kabar beritanya. Bukankah potensi usaha dan wisata ini bisa menjadi penghidupan penduduk sekitarnya ?

Siapa yang tahu…………

Leave a comment